Jumat, 28 Desember 2012

Basa Basi Blog (dibaca boleh, nggak baca juga nggak rugi)

Yak, Assallamualaikum Tokumania, wallaikum sallam (eh dijawab sendiri), hmmm akhirnya saya diberi kesempatan buat nulis sesuatu di blog ini, loh? ya, sebenarnya blog ini dijalankan oleh 3 orang, pemilik sebenarnya adalah Gatot Ranger (nama asli: Ridwan), dia admin dan penulis artikel di awal, kedua adalah Rizky, dia juga kadang iseng ngisi sesuatu di blog ini, dan terakhir saya sendiri Yuda, cuma ngedesign doang walaupun jelek, yang penting bikin sendiri, hehehe. Adminnya memang hanya tertulis Gatot Ranger, namun untuk alasan satu dan lain hal, ya nama kami berdua (Yuda & Rizky) nggak ikut dicantumin.

Saya bingung mau nulis apa, karena sebenarnya memang nggak pandai menulis sesuatu. Ketertarikan saya dengan toku emang sudah lama, kebetulan dua teman saya tadi punya minat yg sama jadi saya ikutan iseng nimbrungin blog ini. Tadi malam kami bertiga sempat ceritaan bareng di kost, membahas tentang apa yang pengen ditulis, dan sempat terlihat wajah kecewa dari Ridwan dan Rizky yang berlaku sebagai penulis, kenapa? Mereka menyadari kalau tulisannya kurang begitu bagus untuk sebuah blog, bahkan kami melihat link postingan kami di copas ke beberapa grup facebook dan dicemooh banyak orang disitu, agak ngesyok juga sih liatnya, karena komentarnya sebagian besar emang nggak enak dibaca. Saya berpikir lagi, kalo kami emang bukan penulis profesional kayak di blog-blog toku lainnya yg udah besar. Tapi toh kami memang masih dalam tahap pembelajaran, dan blog adalah media seseorang atau sekelompok orang buat mengekspresikan dirinya, jadi ya kritikan macam itu biasa lah. Dan yang justru membuat saya jengkel, mereka hanya mengomentari di grup facebook aja tanpa komen di postingannya, entah males atau takut ya biarin aja. Padahal kami mah orangnya asik aja kok.

Menyadari akan kekurangan kami tidak membuat kami lantas berhenti begitu saja, blog ini awalnya memang hanya buat Ridwan sendiri, dia menulis sendiri, mempostingkan sendiri, dan dibacanya sendiri. Agak aneh kedengarannya, namun dia merasa ada kepuasan tersendiri di dalam hati. Memang untuk membuat sesuatu harus ada kesenangan dari diri kita sendiri, baru orang lain juga bakalan senang dengan apa yang kita buat, kalo kita sendiri nggak pede dengan apa yg kita buat, gimana orang lain bisa suka? ya nggak? jadi kami akan terus menulis sesuatu entah jelek ataupun bagus, penting ataupun tidak, emangnya yg punya blog siapa? suka-suka yang nulis toh. Teman-teman sesama blogger juga pasti berpikiran hal yg sama.

Kami bertiga hanya mahasiswa biasa di kota Bandung, kami juga bekerja di sambilan di beberapa tempat berbeda. Di sela kesibukan jadwal kami yang padat, kami iseng menulis sesuatu di Henshindonesia, nama itu diusulkan oleh saya sendiri, gabungan dari kata henshin (berubah) dan indonesia. Nama yang kami ambil bukan sekedar keren-kerenan doang sih (walau nggak keren-keren banget), tapi punya makna tersendiri, henshin yang artinya berubah, dan indonesia, artinya bahwa kami ingin merubah padangan orang indonesia terhadap toku. Selama ini orang-orang indonesia beranggapan bahwa toku adalah tontonan anak kecil, tidak penting dan penuh dengan kekerasan. Bahkan di stasiun tivi swasta indonesia sudah sangat jarang sekali menyiarkan tontonan semacam itu, beda dengan masa kecil kita dulu. Saat ini televisi cuma didominasi dengan acara-acara orang dewasa aja, seakan televisi hanya untuk penonton dewasa semata, mereka lupa bahwa masih banyak anak-anak yang merindukan sosok pahlawan walau hanya di televisi untuk dapat menjadi panutan mereka. Nah mungkin dengan tulisan kami di blog ini akan (paling tidak) mengubah persepsi orang-orang indonesia terhadap tokusatsu dan kembali dapat ditayangkan di tivi Indonesia seperti dahulu lagi, walaupun jelek kami tetap berusaha.

Semangat yang kami punya juga terinspirasi dari beberapa tokoh tokusatsu, saya sendiri penggemar Gentaro Kisaragi (Kamen Rider Fourze), dia selalu optimis, pantang menyerah dan selalu pede. Kedengarannya sederhana namun susah, tapi itulah sebenarnya hal mutlak yang membuat orang bisa maju. Kami pemuda yang penuh dengan frustasi semenjak hijrah ke Bandung untuk kuliah, kerena minim biaya dan masalah lainnya, namun semangat kami bangkit karena tokusatsu, kepribadian saya pun yang awalnya pemalu dan nggak pedean berubah drastis, dan alhamdulillah sekarang kehidupan kami jauh lebih baik karena bisa terus kuliah dan bisa kerja sendiri. Setiap kami lagi down karena masalah ini itu, yang kami lakukan cuma nyalain laptop dan nonton tokusatsu favorit kami biar bisa semangat kembali.

Jadi untuk memulai dan mempertahankan sesuatu emang sulit, namun bukan mustahil. Karena sulit dan mustahil adalah hal yang berbeda, sulit berarti bisa, hanya saja membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Namun mustahil berarti tidak akan pernah bisa, sekeras apapun manusia mencoba, bagai menghidupkan orang mati. Kami akan terus menulis sesuatu sampai tulisan kami benar-benar bagus dan impian kami yang ingin mengembalikan tokusatsu ke tv indonesia bakalan tercapai. Amin.

(Yud@)

3 komentar:

  1. mantap ... !trus bekarya ane jga suka sma ne blog setiap minggu ane selalu buka ne blog menunggu postingan-postingan agan tpi bbrpa minggu ini kok udh jarang update ea ? ane doain supaya agan supaya sehat selalu biar bisa update terus gk peduli walau postiganya jelek atau di caci maki sama ane org bagi ane postingan2 disini sangat menarik

    BalasHapus
  2. saya juga suka ni blog :D

    BalasHapus
  3. makasih buat agan2 yg udah suka, maaf sudah mulai jarang nulis disini. soalnya para admin lagi nyusun skripsi, lagi sibuk gitu.
    cuma saya doang yg masih agak punya waktu luang, tapi insya allah mulai besok saya bakalan posting lagi kok :D
    (yuda)

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda