Sabtu, 09 November 2013

Hal yang Selalu Ada di Kamen Rider

Motor
Namanya juga rider, yang artinya pengendara. Sudah pasti motorlah yang jadi pasangannya. Tidak semua Rider memiliki motor juga, ada beberapa secondary rider (bahkan primary rider, contohnya: Shin Kamen Rider) yang tidak memiliki motor. Beberapa Rider showa memiliki motor yang diciptakan oleh Tobei Tachibana (di postingan sebelumnya sudah dibahas). Di era heisei kebanyakan sepeda motor para rider memiliki upgrade form, namun juga ada beberapa yang tidak.

Sabuk
Nampaknya henshin item yang satu ini hampir selalu ada dalam tiap serialnya. Belt atau sabuk memang jadi ciri khas tersendiri untuk menjadi alat perubahan para rider. Namun ada juga beberapa rider yang tidak menggunakan sabuk sebagai alat perubah, contohnya Riderman, Amazon, Shin, ZO dan juga Hibiki. Beberapa primary rider di era heisei juga memiliki henshin device yang lebih beragam sesuai dengan perkembangan zaman. Namun sabuk sudah menjadi bagian tersendiri bagi kamen rider yang nampaknya sulit untuk ditiadakan.




Rounded Visor
Di setiap serial Kamen Rider jika kita lihat rata-rata bentuk dari visor (kaca helmetnya) berbentuk bulat (ya nggak bulat banget sih). Motif ini diambil dari bentuk mata belalang, karena di seri awal kamen rider seperti Ichigo dan Nigo memiliki motif seperti itu. Selanjutnya motif-motif seranggalah yang banyak dipakai dalam seri-seri showa, kecuali amazon yang memiliki motif jaguar dan piranha. Bentuk bulat pada visornya sudah jadi ciri khas tersendiri bagi Kamen Rider. Namun di era heisei visor rider jadi lebih variatif semenjak Ryuki ditayangkan, tidak hanya bentuk bulat namun lebih beragam dan lebih futuristik.


Tendangan
"rider jump, rider kick", itulah sepenggal lirik lagu opening dari Kamen Rider Ichigo. Nampaknya lompatan dan tendangan sudah jadi ciri khas sebagai jurus pamungkas para rider. Namun juga ada beberapa serial yang tidak menggunakan tendangan sebagai finishing-nya, seperti Amazon dan Hibiki. Di era heisei saat ini tidak hanya tendangan yang jadi finishing, bisa berupa sabetan pedang, tembakan dan lain sebagainya, hanya untuk memberi warna tersendiri pada tiap serinya.


Henshin
Tidak seperti 'saudara'-nya yaitu super sentai yang memiliki variasi dalam 'mantra' perubahannya. Kamen Rider kebanyakan hanya menggunakan kata 'henshin' ketika berubah wujud. Namun di beberapa seri ada juga yang tidak, seperti Kamen Rider Amazon yang berubah dengan meneriakan namanya, "A-ma-zooon!". Dan juga hibiki yang hanya diam sambil membunyikan onkaku.



1 komentar:

  1. amazon pernah pake finishing tendangan kok:
    -episode brapa ane lupa, klo gak salah pas lawan moster siput atau nggak moster aki seribu dia teriak "amazon kick!!"
    -movienya decade,apa amazon gak ikut nendang tuh waktu peghabisan shadowmoon...

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda