Jumat, 16 November 2012

Super Sentai: Tema Profesi

Kagaku Sentai Dynaman
Secara harfiah kagaku dalam bahasa jepang berarti 'sains' atau 'ilmu pengetahuan', dengan kata lain dynaman adalah sekelompok ilmuan yang bertarung. Pada awalnya Toei ingin mengangkat tema tentang sekelompok atlet baseball, namun diputuskan untuk menggantinya dengan tema sains saja. Tema baseball hanya dipakai pada kostumnya saja, terlihat bahwa suit dan helmet Dyanaman lebih cenderung seperti Jersey Baseball ketimbang pakaian seorang ilmuan.





Chikyuu Sentai Fiveman
Lima bersaudara Hoshikawa ini semuanya berprofesi sebagai guru, Gaku (red) sebagai guru sains, Ken (blue) sebagai guru olahraga, Fumiya (black) sebagai guru bahasa jepang, Kazumi (pink) sebagai guru matematika, dan Remi (yellow) sebagai guru musik. 














Kyukyu Sentai GoGo-V
Kelima anggota Gogo-v adalah kakak beradik, sama seperti Fiveman. Profesi mereka meang berbeda-beda, Matoi (red) sebagai seorang ketua tim penyelamat kebakaran, Nagare (blue) sebagai pemadam kebakaran, Shou (green) sebagai pilot helicopter departemen penyelamat, Daimon (yellow) sebagai petugas kepolisisan, dan Matsuri (pink) sebagai tim medis, namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu demi keselamatan umat manusia.
Banyak makna di balik judul serial ini, Kyukyu yang artinya emergency gawat darurat, atau bisa diartikan juga sebagai 99, yang berarti serial ini ditayangkan pada tahun 1999. Gogo-v, yang dalam bahasa jepang Go artinya 5, dan V (five) dalam angka romawi yang berarti 5 juga. Jadi Gogo-v artinya 555, yaitu angka emergency jepang.





Tokusou Sentai Dekaranger
Ini pertama kalinya sentai menggunakan tema tentang detektif atau kepolisian luar angkasa secara keseluruhan, walau di seri Carranger juga ada Signalman yang juga merupakan polisi luar angkasa.
Secara harfiah deka dalam bahasa jepang sehari-hari diartikan sebagai detektif, atau bisa juga berarti deca yang artinya sepuluh, karena dekaranger adalah sentai pertama dengan jumlah anggota rangernya yang lebih dari 6 orang, yaitu sepuluh (termasuk deka bright dan deka gold).


Gogo Sentai Boukenger
Boukenger adalah sekelompok petualang muda di bawah organisasi swasta yang bernama SGS, sebuah organisasi pencarian artefak kuno yang disebut juga precious, atau benda peninggalan sejarah yang berkekuatan magis. Boukenger ditugaskan mengamankan benda-benda tersebut agar kekuatannya tidak jatuh ke tangan yang jahat.








Tokumei Sentai Go-buster
di tahun 2012 telah ditemukan sumber energi baru bagi kehidupan masyarakat, yaitu enetron. Tugas para Go-busters adalah sebagai pasukan khusus yang memata-matai dan menyelidiki pencurian dan penyalahgunaan enetron. Di samping itu, mereka juga bertujuan untuk menyelamatkan orang tua mereka yang hilang 13 tahun yang lalu karena sebuah kecelakaan di pusat penelitian tranport yang menyebabkan terjangkitanya virus yang disebut vaglass oleh messiah. Karena takut virus tersebut menyebar ke seluruh dunia, orang tua hiromu (red buster) memutuskan untuk memindahkan seluruh gedung area pusat penelitian itu ke Hyperspace, atau dimensi lain. Sebenarnya tema mata-mata bukanlah yang pertama diangkat, di seri 3 sentai pertama (Goranger, J.A.K.Q dan Battle Fever J) juga menggunakan tema tersebut, hanya saja baru go-busters lah yang mengangkat secara total keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda