Senin, 12 November 2012

Super Sentai: Tema Asia

Hikari Sentai Maskman
Ini merupakan Super Sentai pertama yang mengangkat tema tentang bela diri asia, seperti Kungfu, karete, kubodo, chinese swords style, ninjutsu, dan tai chi. meskipun dari segi kostum dan robot tidak mengadopsi asian style, lebih cenderung seperti high tech atau militer, namun dari segi aksinya banyak menggunakan seni bela diri dari basic masing-masing dan menggunakan aura power.







Gosei Sentai Dairanger
Saya acungkan dua jempol untuk serial yang satu ini. Ini merupakan serial super sentai yang menggunakan tema asia hampir di semua aspek, mulai dari kostum, gerakan bela diri,  tenaga chi, robot raksasa, musuh dan hal-hal lainnya. Yang membuat saya kagum adalah Kirin Ranger yang menggunakan Drunken Fist Style, yaitu jurus dewa mabuk yang biasa kita jumpai di film-film kungfu mandarin. Dan saya sangat kagum melihat armor Dairen-oh yang mengadaptasi dari armor prajurit tempur china. Luar biasa.

Ninja Sentai Kakuranger
Ilmu ninjutsu memang pernah dipakai oleh sentai sebelumnya (Dyna Black dan Yellow Mask), namun Kakuranger adalah serial sentai pertama yang mengangkat tema ninja secara keseluruhan. Secara Harfiah kakuren berarti 'bersembunyi' dalam bahasa Jepang, karena memang bersembunyi dan menyelinap merupakan ciri khas dari ninja yang sebenarnya dan diadopsi secara keseluruhan oleh Kakuranger.

Ninpuu Sentai Hurricanger
Di era heisei kembali lagi mengangkat tema tentang ninja, namun digabungkan dengan kekuatan elemen, badai (udara, air, & bumi) dan petir. Dengan ini tema ninja sudah diulang sebanyak dua kali, namun agar penonton tidak bosan maka juga digabungkan dengan teknologi tinggi (mecha dan alien) sehingga lebih futuristik. Hurricanger mengangkat cerita yang cenderung lebih ringan dari pada Kakuranger, sisipan humornya lebih banyak dan lebih segar, seperti jurus-jurus ninja yang aneh, aksi Shurikenger yang dapat berubah wujud menjadi manusia yang berbeda-beda (semua wujud manusianya adalah para alumni sentai terdahulu), barang kali itulah keunggulan yang membuat cerita ini menjadi lebih menarik.









Jyuuken Sentai Gekiranger
ya, ini kali kedua sentai mengangkat tema tentang bela diri China, yaitu Jyuuken. Apa itu Jyuuken? Jyuuken adalah sebuah aliran bela diri yang terinspirasi dari gerakan-gerakan hewan. Tentu saja Jyuuken tidak ada di dunia nyata, ini hanya karangan fiktif saja. Walau temanya bela diri, namun suit Gekiranger justru cenderung lebih terlihat beast ketimbang Martial Arts. Tema Beast sudah sering diangkat, dan Gekiranger adalah gabungan antara keduanya.





Samurai Sentai Shinkenger
Shinkenger merupakan pengangkatan tema samurai pertama, setelah (mungkin) bosan mengangkat tema ninja. yang satu ini membawa nuansa jepang secara total, mulai dari pengabdian samurai kepada tuannya, seni kaligrafi, origami (mecha), sushi, dan lain-lain. Bahkan Saban sempat kesulitan untuk mengadaptasi ke Power Rangers karena pengabdian samurai dan unsur-unsur di dalamnya terkesan terlalu jepang dan tidak sesuai dengan budaya Amerika. Makanya mereka butuh waktu setahun lebih untuk mampu mengadaptasi Shinkenger, walau hasil adaptasinya terkesan agak mengecewakan.

1 komentar:

  1. min boleh tak copy ke blog saya, tapi saya tulis kok asal nya

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda