Kamis, 15 November 2012

Super Sentai: Tema Kendaraan

Kousoku Sentai Turboranger
Di era showa, mungkin inilah sentai yang mengangkat tema tentang kendaraan (khususnya mobil) yang pertama, dan juga yang pertama kali menggunakan anak SMA sebagai anggotanya. Buat saya Turboranger adalah sentai yang paling futuristik di akhir 80an, mulai dari kostum sampai mecha-nya, juga cast yang keren-keren membuat penonton tidak pernah bosan.



Choujin Sentai Jetman
Jetman juga merupakan sentai yang pertama dan satu-satunya memakai tema sebagai pasukan penerbang. Mecha-nya adalah hybrid antara jet dan berbagai jenis burung. Sebagai mana Sentai era showa, jetman memiliki konsep cerita yang dramatis,  cast-nya juga terbilang keren-keren, hal tersebut yang mendukung serial ini menjadi lebih menarik.








Gekisou Sentai Carranger
Ini adalah kali kedua tema mobil diangkat ke dalam serial Sentai, hanya saja Carranger membuat konsep yang berbeda dengan sentai-sentai sebelumnya, khususnya Turboranger. Carranger merupakan sentai dalam peringatan ulang tahun Super Sentai Series ke 20. banyak hal yang mendukung perbedaan seri ini dengan seri-seri sebelumnya, misalnya dari segi humor, Carranger adalah serial sentai dengan humor terbanyak, mulai dari para anggota sentai-nya, sampai dengan musuh-musuhnya yang juga tidak kalah konyol. Jinnai Kyousuke juga merupakan figur ranger merah pertama yang tidak memiliki jiwa pemimpin yang tegas, seperti para pendahulunya. Kyousuke cenderung egois, konyol, dan pemalas. Mungkin dialah inspirasi untuk serangkaian sentai berikutnya yang memiliki figur ranger merah yang konyol.

Engine Sentai Go-onger
di era heisei, kembali lagi mengangkat tema tentang kendaraan, namun di serial ini mengankat tentang hybrid kendaraan dengan hewan yang disebut Engine. Para engine berasal dari dunia mesin, sebuah dunia paralel di dimensi berbeda. Para anggota sentai diberkahi kekuatan yang berpartner dengan para engine. Di sini Engine dapat berbicara dengan manusia, tidak seperti carranger atau turboranger. Di serial ini juga sisi humornya mengingatkan kita dengan Carranger, meski mecha-nya terlihat seperti mainan buat saya. Kostumnya juga terlihat lebih mirip dengan Liveman, dan ini adalah yang pertama kali menggunakan dua orang sixth ranger sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda