Jumat, 01 Februari 2013

Fakta Unik Dari Dekaranger

Dekaranger merupakan serial Super Sentai ke 28 yang ditayangkan pada 15 februari 2004 sampai dengan 6 februari 2005. Meskipun sudah tamat sejak lama, Dekaranger tetap melekat di hati para penggemarnya. Terlebih karakter-karakter pemainnya yang cukup unik dan tak mudah terlupakan. Dekaranger tidak pernah tayang di Indonesia, para fans mungkin hanya nonton dari download di internet, atau beli dvd nya. Seperti yang kita tau bahwa Tokusou Sentai Dekaranger adalah sentai yang bertemakan tentang kepolisian luar angkasa, dan merupakan tema detektif pertama. Dan dibalik semua itu ternyata tersimpan fakta unik, apa sajakah itu? langsung saja kita bahas:

Nama Karakter
Karena bertemakan tentang detektif atau polisi, nama karakter rangernya diambil dari nama pengarang novel misteri yang ternama. Dalam hal ini semua anggota kecuali Doggy Crueger (Deka Master) dan Swan (Deka Swan), seperti:



Banban Akaza, atau akrab disebut Ban. Nama keluarganya yaitu 'Akaza' diambil dari nama penulis novel misteri asal Inggris, Agatha Christie. Agatha, dalam logat jepang bisa juga dibaca menjadi 'Akaza'.











Houji Tomasu, atau Hoji. Nama keluarganya diambil dari nama pengarang yang terkenal, Yaitu Thomas Harris. Penyebutannya dalam bahasa Jepang, 'Thomas' dapat dibaca menjadi 'Tomasu'.











Sen'ichi Enari, nama Enari sendiri diambil dari nama kelompok duo detektif Ellery Queen. Berbeda dari yang lainnya, jika nama marga anggota Dekaranger biasanya diambil dari nama pengarang, Sen-chan justru diambil dari  tokoh detektif fiksi. Frederic Dannay dan Manfred Bennington Lee.








Marika Reimon yang akrab dipanggil Jasmine. Reimon sebagai marganya diambil dari nama Reymond Chandler, seorang pengarang novel detektif fiksi asal Chicago, Amerika Serikat. 










Koume Koudo, juga sering disebut Umeko. Nama Koudo sendiri diambil dari nama penulis dan kritikus asal jepang, Kodo Nomura









Tekkan Aira, akrab dipanggil Tetsu. Nama Aira Sendiri diadopsi dari nama Ira Levin, Aktor drama dan penulis lagu asal New York, Amerika Serikat. 









Battlizer:
Deka Red merupakan pertama dan satu-satunya sentai yang menggunakan Battlizer mode, yang merupakan original milik Power Rangers S.P.D. Battlizer Amor ini dipakai saat Magiranger vs Dekaranger, dan Ban mengaku mendapatkannya saat sudah berada di Fire Squad. Battlizer ini sendiri adalah armor yang dibentuk dari Murphy (atau Ric, versi S.P.D).



Power Rangers S.P.D Japanese Dubbing:
Serial Power Rangers S.P.D juga ditayangkan di Jepang dan disulih suarakan ke dalam bahasa jepang. Dan uniknya suara para rangers didubbing sendiri oleh aktor counterpart-nya di Dekaranger, diantaranya:

  1. Ryuuji Sainei (Ban) sebagai Jack Landors (Red)
  2. Tsuyoshi Hayashi (Hoji) sebagai Sky Tate (blue)
  3. Yousuke Itou (Sen-chan) sebagai Bridge Carson (Green)
  4. Ayumi Kinoshita (Jasmine) sebagai Elizabeth 'Z' Delago (Yellow)
  5. Mika Kikuchi (Umeko) sebagai Sydney Drew (Pink)
  6. Tetsu Inada (Doggie) sebagai Anubis 'Doggy' Cruger (Shadow)
  7. Tomokazu Yoshida (Tetsu) sebagai Sam (Omega)


Semua pemain di-dubbing langsung oleh counterpartnya sesuai warna masing-masing, kecuali Kat Manx yang di-dubbing oleh Rie Tanaka, bukan Mako Ishino yang merupakan aktris dari Swan Shiratori (Deka Swan) sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda